Tips Import dan Eksport Kontak Android ke dalam file excel




Hallo hai pembaca! kali ini aku mau share tips yang penting nih! penting banget buat semua umat manusia hilih bohong. Tips ini aku rasa akan berguna untuk mbak-mbak yang punya onlen shop, yang jualan di marketplace facebook atau untuk mbak-mbak admin marketing, atau siapapun yang bekerja berkaitan dengan pelayanan pelanggan, yang biasanya nyimpenin biodata dan nomor kontak pelanggan, nah ini adalah cara yang lumayan efektif untuk mengelola data kontak tersebut, baik untuk backup maupun restore.

Berikut ini adalah tips untuk menyimpan kontak yang jumlahnya banyak banget tapi gak usah ribet-ribet ngentry satu-satu lewat hape android tetapi dengan Mengimport kontak dari file excel ke android melalui akun google. Cuss mari kita simak!

  1. Mengimport kontak dari file excel ke android
  • Siapkan file excel yang sudah berisi data-data kontak pelanggan anda, yang perlu diperhatikan disini adalah kolom isian di excel tersebut. Judul kolom harus sesuai dengan form isian kontak di akun google. Seperti Nama adalah Name, Kontak adalah Mobile Phone. Anda harus menulis kata yang sama agar data excel bisa langsung masuk ke dalam form di google kontak.
File excel berisi kontak
  • Save as file excel tersebut dalam ekstensi (.csv) comma delimited. File ini tidak bisa diedit jadi file aslinya harus disimpan dengan nama berbeda agar tidak hilang.
Save as sebagai file csv (comma delimited)
  • Sign in akun google anda, yang harus diperhatikan adalah akun google yang digunakan harus akun yang anda gunakan di android.
  • Kemudian masuk ke dalam menu kontak https://contacts.google.com. Di menu sebelah kiri bawah terdapat menu "more" atau "lainnya" klik menu tersebut lalu di dalam menu tersebut ada menu lain yaitu import, eksport, print, dsb. Nah kita pilih menu import yang bertujuan untuk memasukkan kontak yang sudah dalam bentuk file csv excel tadi ke dalam kontak google.
Import menu google contact



  • Unggah file .csv excel yang sudah anda siapkan tadi lalu klik import, dalam hitungan detik file yang berisi ribuan bahkan ratusan ribu kontak tersebut sudah terunggah ke dalam kontak google Anda


  • Langkah terakhir adalah singkronkan akun google di HP Android anda pastikan koneksi internet anda menyala. Yaiyalah kalau mati mana bisa nyambung bambankk!1!!1!!
  • Voilaa~ secara otomatis kontak di dalam file excel tadi masuk ke dalam kontak HP android anda.
      2. Mengeksport kontak Android ke dalam bentuk file excel
  •  Sama seperti langkah mengimport di atas, mengeksport berarti mengambil data kontak yang ada di google kontak, dengan cara mengunduh semua data kedalam bentuk file excel, caranya dengan memanfaatkan menu eksport di google contact seperti di bawah ini










You Might Also Like

9 komentar

  1. Tanya dong. Kalau kita import data kontak dari excel, data yang sudah ada di google/android, jadi hilang/tertumpuk nggak?

    BalasHapus
  2. Aku pernah melakukan hal ini.
    Soalnya hp waktu itu lagi mainta di format.
    Semoga makin banyak yang ngerti informasi ini.
    Makasih Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga banyak yang mengerti dan jadi manfaat

      Hapus
    2. Iyaaa... makasih ya Kak... :)

      Hapus
  3. Dgn cara ini jadi jauh lebih cepat ya,jadi tak perlu mindahin no Hp satu-persatu

    BalasHapus
  4. aku ampe puyeng urusan format file ecxel thanks tipsnya

    BalasHapus
  5. Wahhh jadi lebih udah dn efisien yahh

    BalasHapus